Yehezkiel 5:1-17
Konteks5:1 Dan engkau, anak manusia, ambillah sebilah pedang yang tajam 1 dan pakailah itu sebagai pisau d cukur tukang pangkas; cukurlah e rambutmu dan janggutmu f dengan itu; lalu ambillah sebuah timbangan dan bagi-bagilah rambutmu. 5:2 Sepertiga g harus kaubakar dengan api h di tengah-tengah kota itu sesudah berakhir waktu pengepungannya; sepertiga harus kauambil dan tetaklah dengan pedang itu sekelilingnya; dan sepertiga lagi hamburkanlah ke dalam angin, i dan Aku akan menghunus pedang j dari belakang mereka. 5:3 Engkau harus mengambil sedikit dari rambut itu 2 dan bungkus di dalam punca kainmu. k 5:4 Dan sekali lagi engkau harus mengambil dari padanya, buangkan ke dalam api l dan hanguskan dia di sana; dari sana akan keluar api untuk memakan seluruh kaum Israel. Dan berkatalah kepada mereka: 5:5 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Inilah Yerusalem! Di tengah-tengah bangsa-bangsa Kutempatkan dia dan sekelilingnya ada negeri-negeri m mereka. 5:6 Ia sudah memberontak terhadap peraturan-peraturan-Ku lebih jahat dari pada bangsa-bangsa dan terhadap ketetapan-ketetapan-Ku lebih jahat dari negeri-negeri yang di sekitarnya; karena mereka menolak peraturan-peraturan-Ku dan kelakuan mereka tidak selaras dengan ketetapan-ketetapan-Ku. n 5:7 Sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena engkau lebih jahat dari pada bangsa-bangsa yang di sekitarmu dan kelakuanmu tidak selaras dengan ketetapan-ketetapan-Ku dan engkau tidak melakukan peraturan-peraturan-Ku, bahkan engkau melakukan peraturan-peraturan bangsa-bangsa yang di sekitarmu, o 5:8 sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku, ya Aku sendiri akan menjadi lawanmu dan Aku akan menjatuhkan hukuman kepadamu di hadapan bangsa-bangsa. p 5:9 Oleh karena segala perbuatanmu yang keji akan Kuperbuat terhadapmu yang belum pernah Kuperbuat dan yang tidak pernah lagi akan Kuperbuat. q 5:10 Sebab itu di tengah-tengahmu ayah-ayah akan memakan anak-anaknya dan anak-anak memakan ayahnya r dan Aku akan menjatuhkan hukuman kepadamu, sedang semua yang masih tinggal lagi dari padamu akan Kuhamburkan ke semua penjuru angin. s 5:11 Sebab itu, demi Aku yang hidup, t demikianlah firman Tuhan ALLAH, u sesungguhnya, oleh karena engkau menajiskan tempat kudus-Ku 3 v dengan segala dewamu w yang menjijikkan dan dengan segala perbuatanmu x yang keji, Aku sendiri akan meruntuhkan engkau; Aku tidak akan merasa sayang dan tidak akan kenal belas kasihan. y 5:12 Sepertiga dari padamu akan mati kena sampar dan mati kelaparan di tengah-tengahmu; sepertiga akan tewas dimakan pedang di sekitarmu; dan sepertiga lagi akan Kuhamburkan ke semua mata angin z dan Aku akan menghunus pedang a dari belakang mereka. 5:13 Aku akan melampiaskan murka-Ku b kepada mereka, sehingga hati-Ku yang panas tenang kembali dan Aku merasa puas; c dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN yang mengatakannya di dalam cemburu-Ku, d tatkala Aku melampiaskan amarah-Ku kepada mereka. 5:14 Aku akan membuat engkau menjadi reruntuhan dan buah celaan di antara bangsa-bangsa yang di sekitarmu di hadapan semua orang yang lintas e dari padamu. 5:15 Engkau akan menjadi buah celaan f dan cercaan, menjadi peringatan g dan suatu kengerian bagi bangsa-bangsa yang di sekitarmu, tatkala Aku menjatuhkan hukuman kepadamu di dalam kemurkaan dan kemarahan dan di dalam penghajaran-penghajaran h kemarahan--Aku, TUHAN, yang mengatakannya i -- 5:16 tatkala Aku mendatangkan atasmu kelaparan yang dahsyat, yang membinasakan, dan Aku mendatangkannya untuk membinasakan kamu, tatkala Aku memperdahsyat bencana kelaparan atasmu dan memusnahkan persediaan makananmu. j 5:17 Aku akan mendatangkan kelaparan atasmu dan binatang-binatang k buas di tengah-tengahmu, yang akan memunahkan anak-anakmu; sampar akan berkecamuk dan darah l akan mengalir di tengah-tengahmu dan Aku akan mendatangkan pedang atasmu, Aku, TUHAN, yang mengatakannya 4 . m "
Yehezkiel 12:3-16
Konteks12:3 Maka engkau, anak manusia, sediakanlah bagimu barang-barang seorang buangan 5 dan berjalanlah seperti seorang buangan pada siang hari di hadapan mata mereka; pergilah dari tempatmu sekarang ke tempat yang lain seperti seorang buangan di hadapan mata mereka. Barangkali b mereka akan insaf c bahwa mereka adalah kaum pemberontak. d 12:4 Bawalah barang-barangmu itu ke luar seperti barang-barang seorang buangan pada siang hari di hadapan mata mereka; dan engkau sendiri harus keluar pada malam hari di hadapan mata mereka, seperti seorang yang harus keluar dan pergi ke pembuangan. e 12:5 Di hadapan mata mereka perbuatlah sebuah lobang di tembok 6 f dan keluarlah dari situ. 12:6 Di hadapan mata mereka taruhlah barang-barangmu ke atas bahumu, dan bawalah itu ke luar pada malam gelap; engkau harus menutupi mukamu 7 , sehingga engkau tidak melihat tanah; sebab Aku membuat engkau menjadi lambang g bagi kaum Israel." 12:7 Lalu kulakukan seperti diperintahkan h kepadaku: aku membawa pada siang hari barang-barang seperti barang-barang seorang buangan dan pada malam hari aku membuat dengan tanganku sebuah lobang di tembok, pada malam gelap aku keluar dan di hadapan mata mereka aku menaruh barang-barangku ke atas bahuku. 12:8 Pada hari besoknya datanglah firman TUHAN kepadaku: 12:9 "Hai anak manusia, bukankah ditanya oleh kaum Israel, kaum pemberontak itu kepadamu: Apakah yang kaulakukan i ini? 12:10 Katakanlah kepada mereka: beginilah firman Tuhan ALLAH: Ucapan ilahi ini mengenai raja di Yerusalem 8 dan seluruh kaum Israel yang tinggal di sana. 12:11 Katakanlah: Aku menjadi lambang j bagimu; seperti yang kulakukan ini begitulah akan berlaku kepada mereka: sebagai orang buangan k mereka akan pergi ke pembuangan. 12:12 Dan raja yang di tengah-tengah mereka akan menaruh barang-barangnya ke atas bahunya pada malam gelap l dan akan pergi ke luar; orang akan membuat sebuah lobang di tembok supaya ada baginya jalan keluar; ia akan menutupi mukanya supaya ia tidak akan melihat tanah m itu. 12:13 Aku akan memasang jaring-Ku n untuk menangkap dia dan di dalam perangkap-Ku o dia akan terjebak dan Aku akan membawa dia ke Babel, tanah orang Kasdim, p tetapi tanah itu sendiri tidak akan dilihatnya; q ia akan mati r di sana. 12:14 Dan semua yang di sekitarnya, para pembantunya dan bala tentaranya, akan Kuhamburkan ke semua mata angin dan Aku akan menghunus pedang s dari belakang mereka. 12:15 Maka mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, apabila aku menyerakkan mereka di antara bangsa-bangsa t dan menghamburkan mereka ke semua negeri. 12:16 Tetapi Aku akan meninggalkan sedikit dari mereka yang luput dari pedang, dari kelaparan dan dari sampar, supaya mereka menceriterakan segala perbuatan-perbuatan mereka yang keji di antara bangsa-bangsa, di mana mereka datang; dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN. u "
Yehezkiel 12:1
Konteks1 Samuel 15:27-28
Konteks15:27 Ketika Samuel berpaling hendak pergi, maka Saul memegang punca jubah h Samuel, tetapi terkoyak. i 15:28 Kemudian berkatalah Samuel kepadanya: "TUHAN telah mengoyakkan j dari padamu jabatan raja k atas Israel pada hari ini dan telah memberikannya kepada orang lain yang lebih baik dari padamu. l
1 Samuel 15:1
KonteksKisah Para Rasul 11:30
Konteks11:30 Hal itu mereka lakukan juga dan mereka mengirimkannya kepada penatua-penatua j dengan perantaraan Barnabas k dan Saulus. l
Kisah Para Rasul 11:1
KonteksYesaya 20:2-4
Konteks20:2 pada waktu itu berfirmanlah TUHAN melalui Yesaya bin Amos. s Firman-Nya: "Pergilah dan bukalah kain kabung t dari pinggangmu dan tanggalkanlah kasut u dari kakimu," lalu iapun berbuat demikian, maka berjalanlah ia telanjang v dan tidak berkasut 9 . w 20:3 Berfirmanlah TUHAN: "Seperti hamba-Ku x Yesaya berjalan telanjang dan tidak berkasut tiga tahun y lamanya sebagai tanda z dan alamat 10 a terhadap Mesir b dan terhadap Etiopia, c 20:4 demikianlah raja d Asyur akan menggiring e orang Mesir sebagai tawanan f dan orang Etiopia g sebagai buangan, tua dan muda, telanjang dan tidak berkasut dengan pantatnya kelihatan, h suatu penghinaan i bagi Mesir.
Yeremia 13:1-14
KonteksYeremia 18:2-12
Konteks18:2 "Pergilah dengan segera ke rumah tukang periuk 13 ! Di sana Aku akan memperdengarkan perkataan-perkataan-Ku kepadamu." 18:3 Lalu pergilah aku ke rumah tukang periuk, dan kebetulan ia sedang bekerja dengan pelarikan. 18:4 Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya. 18:5 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, bunyinya: 18:6 "Masakan Aku tidak dapat bertindak kepada kamu seperti tukang periuk ini, hai kaum Israel!, demikianlah firman TUHAN. Sungguh, seperti tanah liat q di tangan tukang periuk, demikianlah kamu di tangan-Ku, r hai kaum Israel! 18:7 Ada kalanya Aku berkata tentang suatu bangsa dan tentang suatu kerajaan bahwa Aku akan mencabut, s merobohkan dan membinasakannya. 18:8 Tetapi apabila bangsa yang terhadap siapa Aku berkata demikian telah bertobat t dari kejahatannya, maka menyesallah Aku 14 , bahwa Aku hendak menjatuhkan malapetaka u yang Kurancangkan itu terhadap mereka. 18:9 Ada kalanya Aku berkata tentang suatu bangsa dan tentang suatu kerajaan bahwa Aku akan membangun v dan menanam mereka. 18:10 Tetapi apabila mereka melakukan apa yang jahat w di depan mata-Ku dan tidak mendengarkan suara-Ku, maka menyesallah x Aku, bahwa Aku hendak mendatangkan keberuntungan yang Kujanjikan itu kepada mereka. y 18:11 Sebab itu, katakanlah kepada orang Yehuda dan kepada penduduk Yerusalem: Beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku ini sedang menyiapkan malapetaka z terhadap kamu dan merancangkan rencana a terhadap kamu. Baiklah kamu masing-masing bertobat b dari tingkah langkahmu c yang jahat, dan perbaikilah tingkah langkahmu dan perbuatanmu! d 18:12 Tetapi mereka berkata: Tidak ada gunanya! e Sebab kami hendak berkelakuan mengikuti rencana kami sendiri dan masing-masing hendak bertindak mengikuti kedegilan hatinya f yang jahat."
Yeremia 19:1-15
KonteksYeremia 25:15-38
KonteksYeremia 27:2-22
Konteks27:2 Beginilah firman TUHAN kepadaku: "Buatlah tali pengikat l dan gandar, lalu pasanglah itu pada tengkukmu! 27:3 Kemudian kirimlah m pesan kepada raja Edom, kepada raja Moab, kepada raja bani Amon, n kepada raja Tirus dan kepada raja Sidon, o dengan perantaraan utusan-utusan yang telah datang ke Yerusalem menghadap Zedekia, raja Yehuda. 27:4 Perintahkanlah mereka mengatakan kepada tuan-tuan mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Beginilah harus kamu katakan kepada tuan-tuanmu: 27:5 Akulah yang menjadikan p bumi, manusia dan hewan q yang ada di atas muka bumi dengan kekuatan-Ku yang besar dan dengan lengan-Ku r yang terentang, dan Aku memberikannya s kepada orang yang benar di mata-Ku. 27:6 Dan sekarang, Aku menyerahkan segala negeri ini ke dalam tangan hamba-Ku, t yakni Nebukadnezar 19 , u raja Babel; juga binatang di padang telah Kuserahkan supaya tunduk kepadanya. v 27:7 Segala bangsa akan takluk w kepadanya dan kepada anaknya dan kepada cucunya, sampai saatnya x juga tiba bagi negerinya sendiri, maka banyak bangsa dan raja-raja yang besar akan menaklukkannya. y 27:8 Tetapi bangsa dan kerajaan yang tidak mau takluk kepada Nebukadnezar 20 , raja Babel, dan yang tidak mau menyerahkan tengkuknya ke bawah kuk raja Babel, maka bangsa itu akan Kuhukum z dengan pedang, a kelaparan b dan penyakit sampar, c demikianlah firman TUHAN, sampai mereka Kuserahkan ke dalam tangannya. 27:9 Mengenai kamu, janganlah kamu mendengarkan nabi-nabimu 21 , d juru-juru tenungmu, e juru-juru mimpimu, f tukang-tukang ramalmu g dan tukang-tukang sihirmu h yang berkata kepadamu: Janganlah kamu mau takluk i kepada raja Babel! 27:10 Sebab mereka bernubuat palsu j kepadamu dengan maksud menjauhkan k kamu dari atas tanahmu, sehingga kamu Kuceraiberaikan dan menjadi binasa. 27:11 Tetapi bangsa yang mau menaruh tengkuknya ke bawah kuk l raja Babel dan yang takluk kepadanya, maka mereka akan Kubiarkan di atas tanahnya, demikianlah firman TUHAN, dan mereka akan mengolahnya dan diam m di sana." 27:12 Kepada Zedekia, raja Yehuda, aku telah berbicara dengan cara yang sama, kataku: "Taruhlah tengkukmu ke bawah kuk n raja negeri Babel, takluklah kepadanya dan kepada rakyatnya, maka kamu akan hidup. o 27:13 Mengapa engkau beserta rakyatmu harus mati p oleh pedang, kelaparan dan penyakit sampar q seperti yang difirmankan TUHAN tentang bangsa yang tidak mau takluk kepada raja Babel itu? 27:14 Janganlah dengarkan r perkataan nabi-nabi s yang berkata kepadamu: Janganlah kamu mau takluk kepada raja Babel! Sebab mereka bernubuat palsu t kepadamu. 27:15 Sebab Aku tidak mengutus u mereka, demikianlah firman TUHAN, tetapi mereka bernubuat palsu demi nama-Ku, v sehingga kamu Kuceraiberaikan dan menjadi binasa w bersama-sama dengan nabi-nabi yang bernubuat kepadamu itu." 27:16 Juga kepada imam-imam dan kepada seluruh rakyat itu aku berbicara, kataku: "Beginilah firman TUHAN: Janganlah dengarkan perkataan nabi-nabimu yang bernubuat kepadamu: Sesungguhnya, perkakas-perkakas x rumah TUHAN 22 tidak berapa lama lagi akan dibawa kembali dari Babel! Sebab mereka bernubuat palsu kepadamu. 27:17 Janganlah kamu mendengarkan y mereka, takluklah kepada raja Babel, maka kamu akan hidup. z Mengapa kota ini harus menjadi reruntuhan? 27:18 Jika memang mereka itu nabi dan jika ada firman TUHAN pada mereka, baiklah mereka mendesak a kepada TUHAN semesta alam, supaya perkakas-perkakas yang masih tinggal dalam rumah TUHAN dan dalam istana raja Yehuda dan di Yerusalem itu jangan diangkut ke Babel. 27:19 Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam tentang tiang-tiang, bejana 'laut' b dan galang, tentang sisa perkakas-perkakas c yang masih tinggal di kota ini, 27:20 yang tidak diambil oleh Nebukadnezar, raja Babel, ketika ia mengangkut d Yekhonya e bin Yoyakim, raja Yehuda, ke dalam pembuangan beserta segala pemuka Yehuda dan Yerusalem, dari Yerusalem ke Babel, -- 27:21 sungguh, beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel, tentang perkakas-perkakas yang masih tinggal itu di rumah TUHAN dan di istana raja Yehuda dan di Yerusalem: 27:22 Semuanya akan diangkut f ke Babel dan akan tinggal di sana sampai kepada hari g Aku memperhatikannya lagi, demikianlah firman TUHAN, lalu membawanya h kembali ke tempat ini."
Hosea 1:2-9
KonteksHosea 3:1-5
KonteksHosea 12:10
Konteks12:10 (12-11) Aku berbicara kepada para nabi 32 dan banyak kali memberi penglihatan dan memberi perumpamaan c dengan perantaraan para nabi. d
[5:1] 1 Full Life : AMBILLAH SEBILAH PEDANG YANG TAJAM.
Nas : Yeh 5:1-2
Rambut dan jenggot Yehezkiel yang dicukur, terbagi menjadi tiga bagian, melambangkan nasib yang akan dialami penduduk Yerusalem. Sepertiga pertama yang dibakar melambangkan mereka yang akan mati kena sampar atau kelaparan; sepertiga yang kedua akan mati oleh pedang; dan sepertiga yang lain akan tersebar dalam pembuangan (ayat Yeh 5:12).
[5:3] 2 Full Life : SEDIKIT DARI RAMBUT ITU.
Nas : Yeh 5:3
Sedikit rambut yang dimasukkan ke dalam jubah Yehezkiel melambangkan kaum sisa yang akan dilindungi Allah; akan tetapi sebagian ini juga akan dibakar dan mengalami hukuman Allah (ayat Yeh 5:4).
[5:11] 3 Full Life : ENGKAU MENAJISKAN TEMPAT KUDUS-KU.
Nas : Yeh 5:11
Salah satu alasan utama murka Allah ditujukan kepada Yerusalem adalah karena mereka menajiskan Bait Suci dengan penyembahan berhala (lih. pasal Yeh 8:1-11:25). PB memperingatkan orang percaya terhadap dosa dahsyat yang sama. Rasul Paulus menyatakan bahwa "jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia" (1Kor 3:17); di dalam nas ini, bait Allah mengacu kepada sebuah gereja lokal atau sekelompok gereja. Orang menajiskan gereja Allah dengan mengambil bagian dalam ibadahnya sambil hidup di dalam dosa dan kebejatan, atau dengan memajukan ajaran yang tidak alkitabiah.
[5:17] 4 Full Life : AKU, TUHAN YANG MENGATAKANNYA.
Nas : Yeh 5:17
Pernyataan tentang tekad Allah untuk melaksanakan hukuman atas Yehuda muncul sekitar enam puluh kali di dalam kitab Yehezkiel. Kita tidak boleh berpikir bahwa Allah Bapa tidak mau menghukum mereka yang menajiskan gereja-Nya
(lihat cat. --> Yeh 5:11 sebelumnya)
[atau ref. Yeh 5:11]
atau menolak jalan-jalan-Nya. Allah menepati firman-Nya, dan ancaman hukuman-Nya akan digenapi. Untuk pemahaman yang lebih lengkap tentang pencurahan murka Allah di masa yang akan datang, bacalah kitab Wahyu.
[12:3] 5 Full Life : SEDIAKANLAH BAGIMU BARANG-BARANG SEORANG BUANGAN.
Nas : Yeh 12:3-7
Yehezkiel harus memainkan peranan seorang tawanan yang dibawa ke tempat lain sambil meninggalkan segala sesuatu terkecuali yang sangat diperlukan untuk perjalanan. Tindakan ini menggambarkan bahwa akan ada gelombang orang buangan berikutnya dari Yerusalem yang akan diangkut ke Babel; hal ini juga mencegah para tawanan untuk menaruh harapan yang tidak realistis bahwa mereka sebentar lagi akan kembali ke Yerusalem.
[12:5] 6 Full Life : PERBUATLAH SEBUAH LUBANG DI TEMBOK.
Nas : Yeh 12:5
Tindakan ini melukiskan usaha yang sia-sia dari orang Yahudi untuk lolos dari pembuangan.
[12:6] 7 Full Life : MENUTUPI MUKAMU.
Nas : Yeh 12:6
Tindakan ini mungkin mengacu pada rasa malu dan sedih yang akan dialami para tawanan.
[12:10] 8 Full Life : RAJA DI YERUSALEM.
Nas : Yeh 12:10-13
Yang dimaksud adalah raja Yehuda yang terakhir, Zedekia, yang tinggal di Yerusalem. Yehezkiel bernubuat bahwa Allah telah menentukan dia untuk dihukum. Ia akan dibawa tertawan ke Babel, namun ia tidak akan pernah melihatnya (ayat Yeh 12:13) karena matanya akan dibutakan oleh para penawan (lih. 2Raj 25:7; Yer 39:6-7).
[20:2] 9 Full Life : TELANJANG DAN TIDAK BERKASUT.
Nas : Yes 20:2
Yesaya diperintahkan untuk tampil tanpa pakaian luar selama tiga tahun selaku sebuah tanda atau perumpamaan tentang apa yang akan terjadi pada Mesir dan Etiopia ketika Asyur menawan mereka. Pesan ini bertujuan memperingatkan Yehuda untuk tidak mengandalkan persekutuan dengan Mesir, tetapi sebaliknya memandang kepada Tuhan Allah mereka. Yesaya mungkin tidak telanjang bulat
(lihat cat. --> 2Sam 6:20),
[atau ref. 2Sam 6:20]
tetapi hanya memakai cawat; mungkin dia merendahkan diri seperti itu untuk beberapa waktu saja setiap hari.
[20:3] 10 Full Life : SEBAGAI TANDA DAN ALAMAT.
Nas : Yes 20:3
Yesaya menaati Allah sekalipun itu berarti mempermalukan diri selama tiga tahun. Jikalau ketaatan kita kepada Allah dan pemisahan kita dari cara-cara fasik adalah sebagaimana seharusnya, maka kita juga kadangkala akan mengalami celaan, malu, dan kehinaan. Kebenaran dan penganiayaan sering kali berjalan bersama
(lihat cat. --> Mat 5:10).
[atau ref. Mat 5:10]
[13:1] 11 Full Life : IKAT PINGGANG LENAN.
Nas : Yer 13:1-11
Tindakan simbolis Yeremia dengan ikat pinggang lenan memberi umat itu suatu pelajaran bersifat perumpamaan. Israel dan Yehuda adalah ikat pinggang lenan yang dipakai Tuhan, yang melambangkan ikatan erat yang pernah ada di antara mereka ketika mereka setia kepada-Nya. Kini umat itu menjadi tidak berguna dan harus dibuang, sebagaimana dilakukan Yeremia dengan ikat pinggang itu. Sepanjang masa pembuangan mereka di daerah Efrat, mereka tidak akan berguna karena dosa-dosa mereka; seluruh keangkuhan dan kemuliaan mereka akan sirna.
[13:12] 12 Full Life : SETIAP BUYUNG HARUS DIPENUHI DENGAN ANGGUR.
Nas : Yer 13:12-14
Buyung yang kosong adalah bangsa Yehuda; mereka akan dipenuhi dengan "kemabukan"; yaitu hukuman dan kekacauan (bd. Yer 25:15-16; Yes 49:26; Yes 63:6), dan kemudian mereka akan dihancurkan dan dibinasakan.
[18:2] 13 Full Life : RUMAH TUKANG PERIUK.
Nas : Yer 18:2
Yeremia diperintahkan untuk pergi ke rumah tukang periuk untuk menyaksikan pembuatan sebuah periuk dari tanah liat. Karena periuk itu tidak sesuai dengan maksud tukangnya, maka ia harus membentuknya kembali menjadi sesuatu yang lain daripada yang semula direncanakannya. Perumpamaan ini mengandung beberapa prinsip penting untuk pekerjaan Allah dalam kehidupan kita.
- 1) Penyerahan kita kepada Allah selaku Yang membentuk baik watak maupun pelayanan kita kepada-Nya untuk sebagian besar menentukan apa yang dapat dibuat-Nya dengan kita.
- 2) Kurangnya komitmen yang sungguh-sungguh kepada Allah dapat menghalangi maksud semula Allah bagi kita (bd. ayat Yer 18:10).
- 3) Allah tetap bebas untuk mengubah rencana-rencana-Nya bagi kehidupan kita. Jikalau Ia telah merencanakan kebaikan dan berkat bagi kita dan kita memberontak kepada-Nya, maka Ia dapat membentuk kita menjadi periuk untuk dibinasakan (ayat Yer 18:7-11; bd. Yer 19:10-11; Rom 9:22); pada pihak lain, jikalau kita, karena keras kepala kita sendiri, menjadi periuk untuk dibinasakan, tetapi kemudian bertobat, Allah akan mulai membentuk kita menjadi perabot untuk kehormatan dan berkat (bd. 2Tim 2:20-21).
[18:8] 14 Full Life : MENYESALLAH AKU.
Nas : Yer 18:8
Allah tetap bebas untuk mengubah keputusan-Nya yang sudah diumumkan dan mengatur tindakan-tindakan-Nya terhadap kita sesuai dengan tanggapan kita kepada tawaran pengampunan atau ancaman hukuman dari-Nya. Hal-hal tidak ditentukan sebelumnya dan bukannya tidak dapat diubah, bahkan di dalam pikiran Allah; Ia senantiasa mempertimbangkan perubahan-perubahan rohani di dalam orang. Sekalipun Allah sendiri tidak berubah (Bil 23:19; Yak 1:17), Ia tetap berhak untuk mengubah pikiran-Nya dan janji-janji serta ancaman yang telah dinyatakan-Nya. Jangan sekali-kali kita menerima teologi yang menyangkal kebebasan ilahi Allah ini (bd. Yeh 18:21-28; 33:13-16).
[19:1] 15 Full Life : BULI-BULI YANG DIBUAT DARI TANAH.
Nas : Yer 19:1-15
Melalui sebuah perumpamaan yang dramatis, Yeremia menyatakan bahwa Yerusalem dan Yehuda akan mengalami hukuman yang demikian menghancurkan sehingga mereka akan pecah berantakan tanpa dapat diperbaiki lagi.
[19:2] 16 Full Life : LEMBAH BEN-HINOM.
Nas : Yer 19:2
Allah memerintahkan Yeremia untuk membawa beberapa orang pemimpin (ayat Yer 19:1) ke tempat mereka membakar ukupan kepada dewa-dewa dan mempersembahkan anak-anak mereka dalam api
(lihat cat. --> Yer 7:31);
[atau ref. Yer 7:31]
di sana ia memberitakan firman Tuhan mengenai malapetaka yang mendatang (ayat Yer 19:3).
[19:9] 17 Full Life : MEMAKAN DAGING ANAK-ANAKNYA LAKI-LAKI.
Nas : Yer 19:9
Sementara pengepungan oleh Babel pada tahun 586 SM, beberapa orang menjadi pemakan daging manusia, yang menunjukkan betapa hebatnya pengepungan yang ditimpakan Allah atas mereka dan betapa dalamnya kebobrokan moral mereka (lih. Rat 2:20; 4:10; Yeh 5:10).
[25:15] 18 Full Life : ANGGUR KEHANGATAN AMARAH.
Nas : Yer 25:15
Anggur yang memabukkan sering kali dipakai dalam Alkitab untuk melambangkan murka Allah (lih. Yer 49:12; 51:7; Ayub 21:20; Mazm 60:5; Yes 51:17,22; Yeh 23:31; Wahy 14:8,10; 16:19; 18:6).
[27:6] 19 Full Life : HAMBA-KU, YAKNI NEBUKADNEZAR.
Nas : Yer 27:6
Nebukadnezar disebut hamba Allah bukan karena dia itu benar, tetapi karena Allah akan memakai dia dan pasukannya untuk menghukum banyak bangsa, termasuk Yehuda, karena dosa-dosa mereka; akan tetapi, Allah juga akan menjatuhkan Babel pada waktu yang ditetapkan-Nya (ayat Yer 27:7).
[27:8] 20 Full Life : TIDAK MAU TAKLUK KEPADA NEBUKADNEZAR.
Nas : Yer 27:8
Nasihat bersifat nubuat dari Yeremia kepada Yehuda ialah menyerah pada kekuasaan Babel dan tidak menolak kehendak Allah bagi mereka. Akan tetapi, jikalau mereka memberontak dan melawan Babel, Yeremia memperingatkan bahwa mereka akan mengalami penderitaan dan kekalahan besar.
[27:9] 21 Full Life : JANGANLAH KAMU MENDENGARKAN NABI-NABIMU.
Nas : Yer 27:9
Para nabi palsu meramalkan pemberontakan yang akan berhasil terhadap musuh-musuh mereka dan mendorong bangsa itu untuk melepaskan diri dari kuk Babel. Yeremia, pada pihak lain, menasihati umat itu untuk tidak mendengarkan para nabi itu; ia bernubuat bahwa Babel akan menguasai Yehuda dan negara-negara di sekitarnya.
[27:16] 22 Full Life : PERKAKAS-PERKAKAS RUMAH TUHAN.
Nas : Yer 27:16
Beberapa perkakas Bait Suci telah dibawa ke Babel pada tahun 605 SM (lih. Dan 1:1-2), yang lain dibawa pada tahun 597 SM (2Raj 24:13).
[1:2] 23 Full Life : PEREMPUAN SUNDAL.
Nas : Hos 1:2
Hubungan Allah dengan Israel sering kali disamakan dengan ikatan pernikahan (mis. Yes 54:5; Yer 3:14; bd. Ef 5:22-32). Tindakan Israel "membelakangi Tuhan" untuk menyembah dewa-dewa dianggap oleh Allah sebagai ketidaksetiaan atau perzinaan rohani. Pernikahan Hosea akan menjadi pelajaran peraga bagi kerajaan utara yang tidak setia. Gomer mungkin sekali bukan seorang pelacur ketika menikah, tetapi kemudian ia akan melakukan perzinaan dan kebejatan jasmaniah, mungkin sebagai pelacur di kuil Baal. Meninggalkan Tuhan bukan hanya membawa dia kepada penyembahan palsu tetapi juga kepada norma kesusilaan yang makin rendah. Pola kehidupan tunasusila yang sama dapat dilihat dewasa ini manakala umat Allah berbalik dari pengabdian sejati kepada-Nya
(lihat cat. --> Ams 5:3).
[atau ref. Ams 5:3]
[1:4] 24 Full Life : SEDIKIT WAKTU LAGI ... MENGHUKUM KELUARGA YEHU.
Nas : Hos 1:4
Ayat ini sangat mungkin mengacu kembali pada pembantaian ke-70 putra Ahab oleh Yehu (2Raj 10:1-8). Sekalipun Yehu dipuji karena melaksanakan hukuman Allah yang adil atas keluarga Ahab, Yehu terlalu kejam (2Raj 10:30-31).
[1:4] 25 Full Life : MENGAKHIRI PEMERINTAHAN KAUM ISRAEL.
Nas : Hos 1:4
Allah akan segera menjatuhkan hukuman dan kebinasaan atas kerajaan utara, Israel. Kemungkinan besar Hosea hidup sampai dapat menyaksikan penggenapan nubuatnya ini pada tahun 722 SM, ketika Asyur merebut Samaria, menawan sekitar 10 persen penduduknya dan menjadikan sisanya bagian dari propinsi kerajaan Asyur.
[1:6] 26 Full Life : AKU TIDAK AKAN MENYAYANGI LAGI.
Nas : Hos 1:6
Nama "Lo-Ruhama" (har. --"tidak dikasihi") berarti bahwa Allah di dalam kekudusan-Nya telah menyatakan sudah tiba saat berakhir kesabaran-Nya; hukuman akhirnya harus dijatuhkan atas umat yang berdosa dan memberontak ini.
[1:7] 27 Full Life : AKU AKAN ... MENYELAMATKAN MEREKA.
Nas : Hos 1:7
Kerajaan selatan (Yehuda) tidak akan berakhir pada saat yang sama dengan kerajaan utara (Israel). Karena raja Hizkia sedang memimpin rakyatnya dalam pertobatan dan iman, Tuhan menyelamatkan mereka dari nasib Samaria ketika itu (2Raj 19:32-36; Yes 37:36). Kerajaan Yehuda masih bertahan 136 tahun lagi.
[1:9] 28 Full Life : KAMU INI BUKANLAH UMAT-KU.
Nas : Hos 1:9
Anak Gomer yang ketiga, seorang putra bernama "Lo-Ami" (artinya "bukan umat-Ku"), diperkirakan bukan anak Hosea. Nama anak ini melambangkan pemutusan hubungan perjanjian karena pemberontakan terus-menerus kepada Allah dan karena penyembahan berhala; penduduk kerajaan utara tidak dapat lagi mengharapkan Allah memberkati mereka dan membebaskan bangsa mereka. Hosea belajar melalui penderitaannya sendiri bagaimana hancur hati Allah atas dosa-dosa umat-Nya.
[3:1] 29 Full Life : CINTAILAH PEREMPUAN YANG SUKA BERSUNDAL DAN BERZINAH.
Nas : Hos 3:1
Hosea kini harus menggambarkan kasih Allah bagi Israel dengan cara yang baru. Rupanya Gomer telah meninggalkan Hosea untuk melanjutkan penyembahan Baal yang amoral itu, tetapi Hosea tidak pernah berhenti mengasihi dia, sekalipun hatinya hancur. Ia harus pergi serta menyatakan kasih dan perhatiannya untuk dia lagi, sama seperti yang dilakukan Allah bagi Israel, sekalipun mereka telah meremukkan hatinya dengan berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai "kue kismis."
[3:2] 30 Full Life : AKU MEMBELI DIA.
Nas : Hos 3:2
Walaupun Gomer saat ini mungkin sekali berutang dan nyaris dijual sebagai budak, sebagaimana diizinkan hukum, Hosea datang dan membelinya dengan harga yang mahal. Tanggapan Hosea ini melukiskan kasih Allah yang menebus bagi orang berdosa, yang tidak sanggup menebus, membebaskan atau menyelamatkan diri mereka sendiri; satu-satunya harapan kita ialah kasih karunia-Nya.
[3:5] 31 Full Life : SESUDAH ITU ORANG ISRAEL AKAN BERBALIK.
Nas : Hos 3:5
Setelah lama tanpa raja atau pemimpin dan tanpa korban, Israel akan kembali kepada Allah dan kepada raja mereka dari keturunan Daud, yaitu Mesias. Mereka akan merendahkan diri, datang kepada-Nya dengan dukacita menurut kehendak Allah (2Kor 7:10) dan menyadari bahwa mereka memerlukan Juruselamat, Yesus.
[12:10] 32 Full Life : BERBICARA KEPADA PARA NABI.
Nas : Hos 12:11
Dengan setia Allah telah mengutus banyak nabi untuk memberitakan amanat-Nya dalam berbagai cara dan menjelaskan kebenaran Firman-Nya. Karena itu umat tersebut tidak dapat berdalih bahwa mereka tidak mengetahui tuntutan-tuntutan-Nya; mereka sedang menolak penyataan ilahi dan Allah akan menghukum mereka karena menganggap hina utusan-utusan-Nya. Orang yang telah mendengar Firman Allah tidak mempunyai dalih jikalau lalai melakukan apa yang telah diperintahkan oleh-Nya.